Show simple item record

dc.contributor.authorHandayani, Nela Resti
dc.date.accessioned2021-02-18T04:29:11Z
dc.date.available2021-02-18T04:29:11Z
dc.date.issued2021-01-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1603
dc.description.abstractPembelajaran matematika adalah suatu proses hubungan yang dilakukan oleh guru dan siswa serta lingkungan belajar dengan tujuan siswa memperoleh kompetensi dalam bidang matematika. Salah satu kompetensi di bidang matematika yang harus dimiliki adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, karena pada dasarnya kemampuan tersebut merupakan kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh siswa yang belajar matematika, khususnya siswa sekolah menengah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk pemecahan masalah matematis ditinjau dari kepercayaan diri pada materi himpunan siswa kelas VII SMP 8 Muhammadiyah Batu; 2) untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kepercayaan diri pada materi himpunan siswa kelas VII SMP 8 Muhammadiyah Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur penelitian ini meliputi: 1) tahapan pra lapangan yaitu dengan melihat latar subjek yang dilakukan melalui wawancara terhadap guru matematika di sekolah yang bersangkutan dan melakukan penyusunan alat bantu instrument penelitian ; 2) tahap penelitian yaitu dengan memberikan kuisioner dan soal tes kepada 29 siswa, setelah itu dilakukan wawancara terhadap 6 subjek terpilih (2 subjek dengan kepercayaan diri tinggi, 2 subjek dengan kepercayaan diri sedang, dan 2 subjek dengan kepercayaan diri rendah) untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam; 3) tahap analisis data dengan mengguakan model Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP 8 Muhammadiyah Batu. Adapun instrumen pendukung yang dilakukan peneliti untuk mengumpulkan data adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, kuisioner kepercayaan diri, dan pedoman wawancara. Dari hasil analisis penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) cara-cara yang digunakan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan kepercayaan diri tinggi dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, 2 subjek RSA dan RVA hanya menggunakan tiga cara yang memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah, yaitu indikator memahami masalah, melaksanakan rencana, dan mengulang kembali. Selanjutnya siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang dan kepercayaan diri sedang dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, 2 subjek ADP dan MZGW hanya menggunakan dua cara yang memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah, subjek ADP yaitu memahami masalah dan melaksanakan rencana dan subjek MZGW hanya memahmi masalah. Dan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah dan kepercayaan diri rendah dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, 2 subjek RNZ dan LMD tidak menggunakan cara yang sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah ; 2) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh siswa ditinjau dari kepercayaan diri adalah siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi memiliki skor hasil rata-rata angket kepercayaan diri sebesar 77,8 yang tergolong dalam kategori tinggi. Selanjutnya siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang memiliki skor hasil rata-rata angket kepercayaan diri sebesar 55,6 yang tergolong dalam kategori sedang. Dan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah memiliki skor hasil rata-rata angket kepercayaan diri sebesar 30,4 yang tergolong dalam kategori rendah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematisen_US
dc.subjectKepercayaan Dirien_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri pada Materi Himpunan Kelas VII SMP 8 Muhammadiyah Batu Tahun 2020en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record