Show simple item record

dc.contributor.authorHasanah, Mar’atul
dc.date.accessioned2021-02-18T04:29:53Z
dc.date.available2021-02-18T04:29:53Z
dc.date.issued2021-01-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1604
dc.description.abstractPembelajaran matematika merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh guru dan siswa serta lingkungan belajar dengan tujuan siswa memperoleh kompetensi dalam bidang matematika. Kompetensi di bidang matematika yang harus dimiliki siswa salah satunya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis, karena pada dasarnya kemampuan tersebut merupakan kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh siswa yang belajar matematika, khususnya siswa sekolah menengah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk pemecahan masalah matematis berdasarkan disposisi matematis pada materi bilangan siswa kelas VII SMPN 1 Dau; 2) untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan disposisi matematis pada materi bilangan siswa kelas VII SMPN 1 Dau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif. Prosedur dalam penelitian ini yaitu: 1) tahap pra lapangan yaitu melihat latar subjek dengan cara mewawancarai guru matematika di sekolah yang bersangkutan; 2) tahap penelitian yaitu dengan memberikan kuesioner berupa angket disposisi matematis dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis kepada 32 subjek, dan kemudian dilakukan wawancara terhadap 6 subjek terpilih (2 subjek dengan disposisi matematis tinggi, 2 subjek dengan disposisi matematis sedang, dan 2 subjek dengan disposisi matematis rendah) untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam; 3) tahap analisis data yaitu menggunakan model Miles dan Huberman dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII A SMPN 1 Dau. Instrumen pendukung yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah kuesioner disposisi matematis, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Berdasakan hasil analisis penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) cara-cara yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu: (a) Siswa dengan disposisi matematis tinggi dalam menyelesaian soal-soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, memenuhi 4 langkah pemecahan masalah matematis, dengan cara menuliskan informasi yang didapat yaitu apa yang diketahui dan ditanya dari soal serta menuliskan rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan persoalan secara lengkap, melaksanakan perencanaan sesuai dengan rencana yang disusun hinga menuliskan kesimpulan; (b) Siswa dengan disposisi matematis sedang dalam menyelesaikan soal-soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, memenuhi 3 dari 4 langkah pemecahan masalah matematis, yaitu meninggalkan 1 langkah tidak mengecek kembali hasil pekerjaan; (c) Siswa dengan disposisi matematis rendah dalam mengerjakan soal-soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis memenuhi 2 dari 4 langkah pemecahan masalah matematis, yaitu tidak semuanya menggunakan cara dengan menuliskan informasi yang diperoleh, bahkan ada beberapa siswa yang hanya menuliskan apa yang diketahui saja tanpa menuliskan apa yang ditanya, tidak menuliskan rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan persoalan matematika, tidak menjawab soal dengan lengkap; (2) Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh siswa berdasarkan disposisi matematis adalah siswa dengan disposisi matematis tinggi memiliki nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 82 yang tergolong dalam kategori tinggi, siswa dengan disposisi matematis sedang memiliki nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 72 yang tergolong dalam kategori sedang, dan siswa dengan tingkat disposisi matematis rendah memiliki nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 49 yang tergolong dalam kategori rendahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectDisposisi Matematisen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa pada Materi Bilangan Kelas VII SMPN 1 Dauen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record