Show simple item record

dc.contributor.authorNuha, Liulin
dc.date.accessioned2021-02-18T06:21:25Z
dc.date.available2021-02-18T06:21:25Z
dc.date.issued2021-01-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1624
dc.description.abstractPemahaman konsep adalah suatu kompetensi dasar dalam belajar matematika yang meliputi kemampuan menyerap suatu materi, mengingat rumus dan konsep matematika, menerapkannya dalam kasus yang sederhana atau dalam kasus yang serupa, serta memperkirakan kebenaran suatu pernyataan. Terdapat teori APOS yang merupakan teori tentang konstruksi mental dan tentang tingkat pemahaman konsep. Tingkat pemahaman konsep setiap orang berbeda-beda sesuai dengan tipe kepribadan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara dan tingkat pemahaman konsep matematis peserta didik berdasarkan teori APOS ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik kelas VIII C MTs Almaarif Sukorejo pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C MTs Almaarif Sukorejo Pasuruan yang telah mendapatkan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV), sedangkan subjek penelitian ini berdasarkan klasifikasi empat tipe kepribadian Florence Littauer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket, tes uraian pemahaman konsep, dan wawancara. Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah tentang hasil analisis caracara peserta didik menyelesaikan soal pemahaman konsep matematis. Peserta didik yang memiliki tipe sanguinis tidak memenuhi indikator pemahaman konsep dan berdasarkan teori APOS peserta didik ini mencapai tahap aksi. Hal ini sesuai dengan ciri-ciri tipe kepribadian yang dimiliki salah satunya yaitu suka bicara. Untuk peserta didik yang memiliki tipe koleris, hasil analisis menunjukan belum memenuhi indikator tidak memenuhi indikator pemahaman konsep dan viii berdasarkan teori APOS peserta didik mencapai tahap aksi. Hal sesuai dengan ciri-ciri tipe kepribadian yang dimiliki salah satunya banyak akal ketika dalam keadaan darurat. Selanjutnya, peserta didik yang memiliki tipe melankolis memenuhi indikator pemahaman konsep dan berdasarkan teori APOS mencapai tahap skema. Di mana sesuai dengan ciri-ciri tipe kepribadian yang dimiliki salah satunya yaitu sempurna dalam berpikir menekuni kegiatan yang membosankan. Pada peserta didik yang memiliki tipe phelgmatis, peserta didik ini tidak memenuhi indikator pemahaman konsep dan berdasarkan teori APOS mencapai tahap aksi di mana sesuai dengan ciri-ciri tipe kepribadian yang dimilikiyaitu pendiam dan tidak antusias. Kesimpulan kedua mengenai hasil analisis pemahaman konsep matematis berdasarkan teori APOS ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer. Pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 86,2 terdapat 5 peserta didik (25% dari keseluruhan siswa ) memiliki tipe kepribadian termasuk pada tipe melankolis, koleris dan phlegmatis. Pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata 62, 2 terdapat 14 peserta didik (70% dari keseluruhan siswa) memiliki ditinjau pada tipe kepribadian sanguinis, koleris, melankolis dan phlegmatis. Pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 5 terdapat pada 1 peserta didik (5% dari keseluruahn siswa) memiliki ditinjau dari tipe kepribadian termasuk pada sanguinis. Berdasarkan penelitian ini, bagi pendidik hendaknya mengembangkan cara-cara dalam menjawab soal, khususnya pada materi SPLDV,agar dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Bagi peserta didik, hendaknya terus meningkatkan pemahaman konsep sehingga dapat menyelesaikan soal yang berbeda. Untuk peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji penelitian disarankan mengembangkan dengan subjek yang lebih banyak dan dengan pokok bahasan yang lain guna menyempurnakan kekurangan dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPemahaman Konsep Matematisen_US
dc.subjectTeori APOSen_US
dc.subjectTipe Kepribadianen_US
dc.titleAnalisis Pemahaman Konsep Matematis Menurut Teori Apos (Action, Process, Object, Scheme) Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Kelas Viii Mts Almaarif Sukorejoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record