View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Pemahaman Konsep Matematis Menurut Teori Apos (Action, Process, Object, Scheme) Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Kelas Viii Mts Almaarif Sukorejo

Thumbnail
View/Open
S1_FKIP_21601072076_Liulin Nuha.pdf (1.751Mb)
Date
2021-01-21
Author
Nuha, Liulin
Metadata
Show full item record
Abstract
Pemahaman konsep adalah suatu kompetensi dasar dalam belajar matematika yang meliputi kemampuan menyerap suatu materi, mengingat rumus dan konsep matematika, menerapkannya dalam kasus yang sederhana atau dalam kasus yang serupa, serta memperkirakan kebenaran suatu pernyataan. Terdapat teori APOS yang merupakan teori tentang konstruksi mental dan tentang tingkat pemahaman konsep. Tingkat pemahaman konsep setiap orang berbeda-beda sesuai dengan tipe kepribadan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara dan tingkat pemahaman konsep matematis peserta didik berdasarkan teori APOS ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik kelas VIII C MTs Almaarif Sukorejo pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C MTs Almaarif Sukorejo Pasuruan yang telah mendapatkan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV), sedangkan subjek penelitian ini berdasarkan klasifikasi empat tipe kepribadian Florence Littauer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket, tes uraian pemahaman konsep, dan wawancara. Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah tentang hasil analisis caracara peserta didik menyelesaikan soal pemahaman konsep matematis. Peserta didik yang memiliki tipe sanguinis tidak memenuhi indikator pemahaman konsep dan berdasarkan teori APOS peserta didik ini mencapai tahap aksi. Hal ini sesuai dengan ciri-ciri tipe kepribadian yang dimiliki salah satunya yaitu suka bicara. Untuk peserta didik yang memiliki tipe koleris, hasil analisis menunjukan belum memenuhi indikator tidak memenuhi indikator pemahaman konsep dan viii berdasarkan teori APOS peserta didik mencapai tahap aksi. Hal sesuai dengan ciri-ciri tipe kepribadian yang dimiliki salah satunya banyak akal ketika dalam keadaan darurat. Selanjutnya, peserta didik yang memiliki tipe melankolis memenuhi indikator pemahaman konsep dan berdasarkan teori APOS mencapai tahap skema. Di mana sesuai dengan ciri-ciri tipe kepribadian yang dimiliki salah satunya yaitu sempurna dalam berpikir menekuni kegiatan yang membosankan. Pada peserta didik yang memiliki tipe phelgmatis, peserta didik ini tidak memenuhi indikator pemahaman konsep dan berdasarkan teori APOS mencapai tahap aksi di mana sesuai dengan ciri-ciri tipe kepribadian yang dimilikiyaitu pendiam dan tidak antusias. Kesimpulan kedua mengenai hasil analisis pemahaman konsep matematis berdasarkan teori APOS ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer. Pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 86,2 terdapat 5 peserta didik (25% dari keseluruhan siswa ) memiliki tipe kepribadian termasuk pada tipe melankolis, koleris dan phlegmatis. Pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata 62, 2 terdapat 14 peserta didik (70% dari keseluruhan siswa) memiliki ditinjau pada tipe kepribadian sanguinis, koleris, melankolis dan phlegmatis. Pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 5 terdapat pada 1 peserta didik (5% dari keseluruahn siswa) memiliki ditinjau dari tipe kepribadian termasuk pada sanguinis. Berdasarkan penelitian ini, bagi pendidik hendaknya mengembangkan cara-cara dalam menjawab soal, khususnya pada materi SPLDV,agar dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Bagi peserta didik, hendaknya terus meningkatkan pemahaman konsep sehingga dapat menyelesaikan soal yang berbeda. Untuk peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji penelitian disarankan mengembangkan dengan subjek yang lebih banyak dan dengan pokok bahasan yang lain guna menyempurnakan kekurangan dalam penelitian ini.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1624
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group