Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Islam Malang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan
Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman
Akuntansi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan mahasiswa program studi
akuntansi angkatan 2017 dan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Islam Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
menyebarkan kuisioner online dari Google dengan jumlah sampel 89 siswa.
Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan
teknik analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Dan berdasarkan
hasil pengujian secara parsial variabel Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar
dan Minat Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat
Pemahaman Akuntansi