Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Penerapan E-Commerce (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2019)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intellectual capital
terhadap profitabilitas sebelum penerapan e-commerce dan setelah penerapan e commerce serta untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah penerapan e commerce. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah profitabilitas sebelum dan
sesudah penerapan e-commerce. Variabel independen dalam penelitian ini adalah
intellectual capital. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan
komparatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang
diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan uji beda. Hasil analisis
menunjukkan bahwa intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap
profitabilitas sektor perbankan sebelum penerapan e-commerce, intellectual
capital berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas sektor perbankan setelah
penerapan e-commerce dan intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap
profitabilitas sektor perbankan setelah penerapan e-commerce dan intellectual
capital. Intellectual capital tidak memiliki perbedaan yang signifikan terhadap
profitabilitas sektor perbankan sebelum dan sesudah penerapan e-commerce