Evaluasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Inap (Studi pada Puskesmas Kota Ende)
Abstract
Kesehatan adalah hak asasi manusia dan investasi bagi masyarakat dan bangsa, bahkan semua warga Negara berhak atas kesehatan termasuk masyarakat miskin. Kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat untuk itu, diselenggarakannya pembangunan kesehatan secara menyeluruh dan berkesinambungan, dengan tujuan untuk membangun dan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia yang dimulai sejak 1 Januari Tahun 2014 telah memberikan andil yang besar terhadap reformasi system pelayanan dan pembiayaan kesehatan di Indonesia. Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang, JKN diharapkan secara bertahap dapat menjadi tulang punggung untuk mencapai Universal Health Coverage di Tahun 2019. Hingga saat ini telah banyak dilakukan berbagai penelitian yang bertujuan mengevaluasi program JKN yang diharapkan dapat memberi masukan dalam upaya perbaikan kedepan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Inap Program JKN di Puskesmas Kota Ende. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari data Puskesmas Kota Ende, dokumen-dokumen, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Peneliti menggunakan Prinsip pelayanan publik menurut MENPAN No.63/ KEP/M.Pan/ 7/ 2003 yang dijadikan peneliti sebagai indicator keberhasilan yang digunakan oleh peneliti dalam mengevaluasi kebijakan program JKN dalam memberikan pelayanan admnistrasi kepada pasien rawat inap.
Dari seluruh indikator, hasil penelitian menunjukkan bahwasannya pelayanan administrasi peserta JKN rawat inap di Puskesmas Kota Ende, dimana pada kepuasan pelayanan kesehatan cukup baik. Namun kendala seperti lama mengantri, dan prosedur berbelit-belit masih menjadi keluhan utama oleh pasien di Puskesmas Kota Ende. Sehingga hasil penelitian yang ditemukan penelitiadalah perlunya perbaikan dari pihak puskesmas kota ende dan dari pihak BPJS itu sendiri guna memuaskan harapan masyarakat mengenai sistem pelayan \an terkhususnya pelayanan administrasi pasien rawat inap program JKN.
Kata Kunci: Pelayanan Administrasi, Pasien JKN, Puskesmas Kota Ende.