View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Adaptasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural Pesantren Miftahul Qulub dalam menciptakan survivalitas kerukunan masyarakat multi etnis dan agama di desa Polagan Pamekasan

Thumbnail
View/Open
S3_PASCASARJANA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL_21703011005_MO'TASIM.pdf (2.543Mb)
Date
2021-01-11
Author
Mo’tasim
Metadata
Show full item record
Abstract
Kerukunan masyarakat multi etnis dan agama di satu daerah selalu menarik untuk dibahas, karena dapat memberikan solusi kepada daerah sejenis yang masih berkonflik. Desertasi ini bertujuan untuk menganalisis model adaptasi nilai PAI Multikultural yang dilakukan Pesantren Miftahul Qulub dalam menciptakan survivalitas kerukunan masyarakat multi etnis dan agama di desa Polagan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Penentuan informan dilakukan dengan strategi sample purpose full dan snow ball sampling. Jejaring data dilakukan dengan obseravasi, wawancara mendalam, FGD dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil Penelitian menujunkkan bahwa kerukunan masyarakat multi etnis dan agama di desa Polagan tidak lepas dari peran Pesantren Miftahul Qulub yang telah melakukan adaptasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural sebagai Pesantren Nahdlatul Ulama (NU). Nilai tersebut merupakan integrasi nilai PAI Multikultural dengan Spirit Ke-NU-an yaitu nilai: Tasamuh, Taaruf, Tafahum, Taawun, Tawasuth, Tanawwu’, Al-Musawat wa al-Ta’dil, Musyawarah, Al-Ukhuwwah, dan Tawazun. Proses adaptasi dilakukan Pesantren tersebut melalui pendekatan tradisi sosial kemasyarakatan, aliran dan madhab, dakwah atau misi dan modal sosial. Adaptasi nilai PAI Multikultural dilakukan dengan dua fungsi pesantren, yaitu adaptasi internal dan eksternal. Secara internal Pesantren melakukan adaptasi pembelajaran berbasis PAI Multikultural sebagai asas adaptation dan integration. Secara eksternal, (1) Strategi Pesantren dalam adaptasi Nilai PAI Multikultural kepada masyarakat dilakukan dengan pembelajaran berbasis PAI Multikulturual pada empat Madrasah yang dibangun di tengah masyarakat multi etnis dan agama. (2) Menyelenggarakan koloman (perkumpulan yasin tahlil) sebagai sarana membangun komunikasi sosial (Latency), (3) Keterlibatan Kyai dalam Perlindungan terhadap Vihara (Goal attainment), (4) Pendidikan kerukunan di Keluarga (integration), dan (5) keteladanan Tokoh Agama (Latency Model Adaptasi pesantren Miftahul Qulub dapat disebut dengan model adaptasi toleransi, karena setiap pihak menyadari bahwa setiap kelompok memiliki tanggung jawab masing-masing. Di sisi lain, model adaptasi nilai PAI multikultural pesantren ini dapat pula disebut dengan model konvergensi, karena perilaku komunikatif satu sama lain dalam keberagaman masyarakat. Maka model adaptasi dalam konteks Polagan adalah adaptasi toleransi berbasis skema AGIL Talcott Parsons.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1802
Collections
  • DT - Multicultural Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group