Efektifitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 (Studi Kasus SDN Sumbersuko 01 Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan)
Abstract
Manjemen berbasis sekolah merupakan kebijakan pendidikan yang di keluarkan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Namun penerapan manajemen berbasis sekolah dalam pelaksanaan kurikulum 2013 masih lambat. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui efektifitas penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN Sumbersuko 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik waancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) akuntabilitas di SDN Sumbersuko 01 sudah dilakukan dengan baik melalui perumusan program dan kebijakan sekolah yang melibatkan wali murid, komite sekolah, guru dan kepala sekolah (2) kreativitas guru di SDN Sumbersuko 01 telah terlihat dari penerapan metode pembelajaran yang kreativ dan inovatif (3) kemandirian sekolah belum terlihat karena sekolah masih kekurangan fasilitas saran dan prasarana (4) standar penilaian kurikulum 2013 di SDN Sumbersuko 01 telah dilaksanakan sesuia dengan peraturan perintah berdasarkan aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek ekstrakulikuler. (5) Efisiensi SDN Sumbersuko 01 masih kurang karena ruang kelas tidak cukup untuk menampung siswa kelas 1 dan 2 sehingga proses pembelajaran di lakukan dnegan 2 sesi yang menjadikan tidak efektiv (6) tingkat keaktifan siswa SDN Sumbersuko 01 lebih baik karena pada kurikulum 2013 siswa tidak hanya duduk diam mendengarkan materi dari guru namun pada konsep pelajaran kurikulum 2013 siswa didorong untuk berdiskusi, mengamati, memecahkan masalah dan mempraktekan.