View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Enkulturasi Nilai-Nilai Toleransi Berbasis Pendidikan Islam Multikultural dalam Masyarakat Plural

Thumbnail
View/Open
S3 Pascasarjana Pendidikan Islam Multikultural 21603011026 Moh Masduki.pdf (1.711Mb)
Fulltext (3.951Mb)
Date
2021-07-01
Author
Masduki, Moh
Metadata
Show full item record
Abstract
Desa Klepu merupakan sebuah desa dengan penduduk plural dimana penduduknya sebagian beragama Katholik dan sebagian lagi beragama Islam, 1.728 jumlah pendudukanya beragama Islam dan 1.029 beragama Katholik dan selebihnya yakni 16 orang penduduk memeluk agama Protestan, dalam suasana yang plural ini penduduk desa Klepu memiliki budaya toleransi yang tinggi, terdorong dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menemukan :1)Nilai-nilai toleransi berbasis pendidikan Islam multikultural yang terdapat di masyarakat desa Klepu, 2)Proses enkulturasi nilai toleransi berbasis pendidikan Islam multikultural di masyarakat muslim desa Klepu, 3) Model enkulturasi nilai toleransi berbasis pendidikan Islam multikultural dalam masyarakat plural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi, pengumpulan data lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis terhadap data yang telah dikumpulkan menggunakan analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Spradley dengan melibatkan empat tahapan utama, yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan penemuan tema-tema budaya. Hasil penelitian ini menemukan adalah sebagai berikut: 1) masyarakat Desa Klepu yang terdiri dari dua kelompok agama ini hidup dalam iklim toleransi antar pemeluk agama dengan didasari atas lima nilai toleransi yaitu; nilai kasih sayang, nilai kebebasan memeluk agama, nilai kesantunan dalam berdakwah, nilai penghargaan terhadap umat lain, nilai saling mengenal di tengah keragaman, dan Nilai keseimbangan dan keadilan. 2) Proses enkulturasi atau pewarisan nilai-nilai toleransi berbasis pendidikan Islam multicultural di masyarakat desa Klepu melalui beberapa tahap; Tahap pertama adalah tahap yaitu ;knowledge, behavior,dan identity. 3) Model enkulturasi nilai toleransi ini tersususun atas beberapa variable antara lain:, a) nilai yang dienkulturasi meliputi; kasih sayang, kebebasan memeluk agama, santun dalam dakwah, pengargaan, nilai saling mengenal, nilai keseimbangan, b) Lembaga yang menjadi tempat enkulturasi; dari hasil analisis diperoleh bahwa lembaga yang ada dan menjadi wahana enkulturasi nilai toleransi berupa lembaga non-formal berupa : masjid, rumah warga, dan kegiatan sosial kemasyarakatan, dan juga akan semakin kuat jika dibarengi proses yang dilakukan di lembaga formal. c) Aktor pendidikan; pelaku-pelaku yang mendukung proses enkulturasi nilai toleransi terdiri dari: Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Penguasa (Kepala Desa, Perangkat Desa) d) Metode pengajaran; metode dalam proses pembelajaran nilai toleransi beberapa metode yaitu: ceramah, praktik, dan teladan
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2197
Collections
  • DT - Multicultural Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group