Show simple item record

dc.contributor.authorSetiawan, Yayan Eryk
dc.date.accessioned2021-11-08T04:06:36Z
dc.date.available2021-11-08T04:06:36Z
dc.date.issued2020-03-28
dc.identifier.issn2541-6499
dc.identifier.urihttp://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/800
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2379
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alamen_US
dc.description.abstractPembelajaran matematika di SMP tidak terlepas dari pembuktian termasuk kesebangunan dua segitiga. Penelitian ini menganalisis kemampuan siswa dalam membuktikan kesebangunan dua segitiga. Prosedur yang digunakan (1) mengelompokkan jawaban 51 siswa berdasarkan kategori mampu, kurang mampu dan belum mampu, (2) menganalisis kemampuan pembuktian berdasarkan pengetahuan matematis dasar, representasi bukti, serta asumsi yang digunakan. Diperoleh hasil bahwa (1). siswa yang mampu membuktikan memiliki pengetahuan dasar teorema Pythagoras, operasi aljabar, dan prinsip kesetaraan, representasi yang digunakan berupa bukti simbolis dan formal, asumsi yang digunakan adalah logis. (2) Siswa yang kurang mampu membuktikan memiliki pengetahuan dasar kesebangunan, perbandingan, dan prinsip kesetaraan, representasi yang digunakan adalah bukti visual dan formal, asumsi yang digunakan adalah logis. (3) Siswa yang belum mampu membuktikan memiliki pengetahuan dasar yang tidak relevan dalam mendukung pembuktian, representasi yang digunakan adalah bukti simbolis, tetapi salah dalam manipulasi aljabar dan bukti tidak formal, asumsi siswa kurang atau tidak logis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherIAIN Palopoen_US
dc.relation.ispartofseriesAl-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam;Vol.8, No.1, p.23-38
dc.subjectKesebangunan Dua Segitigaen_US
dc.subjectKemampuan dalam Pembuktianen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitigaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record