Browsing LP - Mathematic Education by Issue Date
Now showing items 1-20 of 31
-
The Effects of Realistic Mathematics Education and Students' Cognitive Development Levels on The Understanding of Concepts and The Ability in Solving Mathematic Problems by Junior High School Students
(Department of Mathematics Education Faculty of Teacher Training and Education Islamic University of Malang (UNISMA), 2014-07-22)The objectives of this study are: (1) to compare the effectiveness of using Realistic Mathematics Education (RME) and conventional approach viewed from the ability in solving mathematic problems by Junior High Schools ... -
Pengembangan Model Collaborative Learning Matematika Berbasis Media Blog Matakuliah Kalkulus II
(Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, 2017-10-21)Tujuan penelitian ini tersusunnyamodel collaborative learning matematika berbasis media blog matakuliah kalkulus II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (development research). Model yang digunakan ... -
Multimedia Development Using Visual Basic for Application (VBA) to Improve Students’ Learning Motivation in Studying Mathematics of Economics
(Universitas Tidar, 2019-04-23)For Mathematics Education Study Program, Mathematics of Economics is a subject where Mathematics is applied in Economics. In this course, mathematical concepts and theories which have been studied in the previous ... -
Generalization Strategy of Linear Patterns from Field-Dependent Cognitive Style
(Universitas Sriwijaya, 2020-01)Pola linear merupakan materi utama dalam pembelajaran pola bilangan di Sekolah Menengah Pertama, akan tetapi masih banyak siswa yang mengalami kegagalan dalam menggeneralisasi pola linear tersebut. Kegagalan siswa dalam ... -
Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Islam Nusantara Malang pada Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irrasional
(Universitas Kuningan, 2020-03)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan group investigation dalam meningkatkan pemecahan masalah kontekstual pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional dari siswa kelas X SMA Islam Nusantara ... -
Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga
(IAIN Palopo, 2020-03-28)Pembelajaran matematika di SMP tidak terlepas dari pembuktian termasuk kesebangunan dua segitiga. Penelitian ini menganalisis kemampuan siswa dalam membuktikan kesebangunan dua segitiga. Prosedur yang digunakan (1) ... -
Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha
(STKIP Citra Bakti, 2020-03-31)Sebagaimana peserta didik, pengembangan guru juga perlu dilakukan apalagi seorang guru sebagai pendidik profesional bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta ... -
Validitas Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
(Universitas Siliwangi, 2020-03-31)Salah satu hal penting dalam pembelajaran matematika adalah menekankan pemahaman konsep. Namun, kesalahan konsep dalam menyelesaikan masalah matematika masih umum ditemukan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk ... -
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menilai Kebenaran Suatu Pernyataan
(Universitas Syah Kuala Banda Aceh, 2020-04)Alasan-alasan yang diberikan oleh siswa dalam menilai kebenaran sebuah pernyataan masih banyak kesalahan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menemukan kesalahan-kesalahan siswa dalam menilai kebenaran suatu pernyataan. ... -
The Thinking Process of Students Using Trial and Error Strategies in Generalizing Linear Patterns
(Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, 2020-05-10)Patterns generalization learning at the junior high school is more emphasis on the generalization of linear patterns. One problem in generalizing linear patterns is that students do not know the process of using trial ... -
Paradigma Positive Thinking: Upaya Menyelenggarakan Proses Terbaik dalam Pembelajaran Matematika Sekolah
(Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, 2020-05-30)Fakta selama ini, lembaga pendidikan berkompetisi untuk memperoleh masukan (input) yang unggul, sementara sebagian lainnya, rela mendapat masukan sisa yang notabene berkualitas rendah. Kita tidak perlu berdebat ... -
Development of Thematic Module Based on Character Values and Higher Order Thinking Skills (HOTS)
(Universitas Nurul Jadid Probolinggo, 2020-06)The purpose of this research and development is to produce a character values and Higher Order Thinking Skills (HOTS)-based thematic module by using the research model of Borg & Gall, which is consisted of study ... -
Terapi Fobia Matematika Menggunakan Multimedia “Digimonica” di SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu
(IAIN Tulungagung, 2020-06)Tujuan penelitian ini untuk mengatasi siswa yang mengalami fobia matematika dengan melakukan terapi matematika. Terapi matematika yang dilakukan ini menggunakan multimedia “digimonica.” Penelitian ini menggunakan metode ... -
Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Rekrutmen Guru Menggunakan Logika Fuzzy Tahani
(Universitas Pattimura Ambon, 2020-06)Salah satu upaya untuk mendapatkan guru yang kompeten di bidangnya adalah dengan melakukan proses rekrutmen guru berdasarkan empat kompetensi guru, yaitu kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional. Akan ... -
Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Profesi Keguruan Berbasis Moodle Untuk Model Blended Learning Di Universitas Islam Malang
(Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, 2020-07-10)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning pada Mata kuliah Profesi Keguruan menjadi mata kuliah Blended Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan dengan ... -
Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep
(Universitas Negeri Medan, 2020-09)Pemahaman konsep merupakan kemampuan penting yang harus dikuasai oleh siswa . Akan tetapi beberapa guru di MAN Lumajang mengatakan bahwa kesulitan melakukan pembelajaran yang dapat memandu untuk pemahaman konsep. ... -
Kepraktisan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Aplly) dalam Pembelajaran Matematika
(Universitas Muhammadiyah Metro, 2020-09-22)Salah satu upaya untuk mengatasi kesalahan konsep yang dialami oleh siswa maupun mahasiswa adalah dengan mengembangkan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk meningkatkan pemahaman ... -
Proses Berpikir Siswa dalam Memperbaiki Kesalahan Generalisasi Pola Linier
(Institut Pendidikan Indonesia Garut, 2020-09-30)Masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menggeneralisasi pola linier yang disebabkan fokus pada data numerik. Siswa-siswa yang mengalami kesalahan ini penting diberikan kesempatan kembali untuk memperbaiki ... -
Students’ Concept Image and Its Impact on Reasoning towards the Concept of the Derivative
(Eurasian Society of Educational Research, 2020-10-09)The aim of this study was to identify and classify the student’s concept image and its influence on the reasoning of the problem-solving of the derivative. The research used a qualitative description approach and used ... -
Profil Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Kemampuan Matematika
(University of Pahlawan Tuanku Tambusai, 2020-11)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan matematika sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ...