Terapi Fobia Matematika Menggunakan Multimedia “Digimonica” di SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Rosikin, Ainur
dc.contributor.author Arianto, Yoga Klody
dc.contributor.author Pramawanda, Nanda Amaliah
dc.contributor.author Fathani, Abdul Halim
dc.date.accessioned 2021-11-09T01:25:29Z
dc.date.available 2021-11-09T01:25:29Z
dc.date.issued 2020-06
dc.identifier.issn 2621-4008
dc.identifier.uri http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtm/article/view/3068
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2388
dc.description [ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Tadris Matematika en_US
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengatasi siswa yang mengalami fobia matematika dengan melakukan terapi matematika. Terapi matematika yang dilakukan ini menggunakan multimedia “digimonica.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian tindakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah 13 siswa Kelas XI SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu yang memiliki fobia matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Proses penelitian tindakan dimulai dengan identifikasi masalah, yakni tingkat fobia matematika siswa. Proses ini dilakukan dengan melakukan pretest, selanjutnya peneliti melakukan tindakan terapi matematika dengan multimedia “digimonica” sebagai upaya mengatasi fobia matematika siswa, kemudian diakhiri dengan melakukan posttest. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, diperoleh data perubahan tingkat fobia matematika siswa. Dalam kondisi awal, ada tiga kategori siswa yang fobia matematika (ringan, sedang, tinggi), sedangkan kondisi setelah dilakukan terapi matematika, tingkat fobia matematika menurun (ringan dan sedang). Secara umum, rata-rata siswa berhasil menjawab lebih dari 2 soal dengan benar. Hal ini membuktikan bahwa terapi dengan menggunakan multimedia “digimonica” dapat membantu siswa untuk mengurangi tingkat fobia matematika. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher IAIN Tulungagung en_US
dc.relation.ispartofseries Jurnal Tadris Matematika;Vol. 3 (1), p. 105-116
dc.subject Multimedia en_US
dc.subject Digimonica en_US
dc.subject Terapi Matematika en_US
dc.subject Fobia Matematika en_US
dc.title Terapi Fobia Matematika Menggunakan Multimedia “Digimonica” di SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account