dc.contributor.author | Setiawan, Yayan Eryk | |
dc.contributor.author | Mustangin | |
dc.date.accessioned | 2021-11-09T03:09:48Z | |
dc.date.available | 2021-11-09T03:09:48Z | |
dc.date.issued | 2020-09-22 | |
dc.identifier.issn | 2442-5419 | |
dc.identifier.uri | https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2917 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2417 | |
dc.description | [ARCHIVES] Copyright Article from : AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika | en_US |
dc.description.abstract | Salah satu upaya untuk mengatasi kesalahan konsep yang dialami oleh siswa maupun mahasiswa adalah
dengan mengembangkan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk
meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa model pembelajaran
IDEA ini telah valid secara teoritis. Sebagai penelitian lanjutan, maka perlu diadakan uji coba lapangan
dari model pembelajaran IDEA yang telah valid secara teoritis untuk mengetahui kepraktisan model
pembelajaran IDEA. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan model
pembelajaran IDEA dalam pembelajaran Matematika. Metode penelitian ini yaitu penelitian
pengembangan. Hasil yang dibahas dalam penelitian ini fokus pada hasil uji coba kelompok kecil dan uji
coba kelompok besar yang merupakan bagian dari pengembangan model pembelajaran IDEA. Dari hasil
uji coba kelompok kecil diperoleh masukan-masukan yang digunakan untuk merevisi lembar kerja
mahasiswa dan menambahkan kegiatan-kegitan pada sintaks model pembelajaran IDEA. Dari hasil uji
coba kelompok besar diperoleh tingkat kepraktisan model pembelajaran IDEA adalah tinggi, yaitu
sebesar 73,47% yang berarti bahwa model pembelajaran IDEA praktis untuk dilaksanakan dalam
pembelajaran matematika. Selain itu, melalui uji coba kelompok besar diperoleh kelebihan dan
kekurangan dari model pembelajaran IDEA. Kelebihan model pembelajaran IDEA yaitu dapat
meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, kreativitas, dan membuat suasana belajar
menyenangkan. Sedangkan kekurangan model pembelajaran IDEA yaitu membutuhkan waktu yang
relatif lama. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Metro | en_US |
dc.relation.ispartofseries | AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika;Vol. 9, No. 3, p. 776-788 | |
dc.subject | Kepraktisan | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran IDEA | en_US |
dc.subject | Pemahaman Konsep | en_US |
dc.subject | Uji Coba Model | en_US |
dc.title | Kepraktisan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Aplly) dalam Pembelajaran Matematika | en_US |
dc.type | Article | en_US |