dc.contributor.author | Sunismi | |
dc.contributor.author | Fathani, Abdul Halim | |
dc.contributor.author | Baidawi, Muhammad | |
dc.date.accessioned | 2021-11-18T02:02:29Z | |
dc.date.available | 2021-11-18T02:02:29Z | |
dc.date.issued | 2021-05 | |
dc.identifier.issn | 2541-4224 | |
dc.identifier.uri | http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/581 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2560 | |
dc.description | [ARCHIVES] Copyright Article from : BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas
bahan ajar terintegrasi PPK, literasi dan, learning and
innovation skills (4C’s) pada mata kuliah kalkulus I.
Pendekatan penelitian menggunakan quasi eksperimental
research. Dengan desain nonequivalent control group
design. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan
Matematika FKIP Unisma tahun akademik 2019/2020.
Sampel ditentukan dengan teknik convenience sampling
terpilih 2 kelas berjumlah 57 mahasiswa. Perlakuan
kelompok eksperimen dalam pembelajaran menggunakan
bahan ajar kalkulus I terintegrasi PPK, literasi dan, learning
and innovation skills (4C’s), sedangkan kelompok kontrol
menggunakan hand out kalkulus I dari dosen. Instrumen
yang digunakan adalah soal tes berpikir tingkat tinggi
(berpikir kritis dan kreatif). Analisis data dilakukan dengan
uji independent sample t test dua pihak untuk menguji
perbedaan rerata dan uji independent sample t test satu
pihak untuk uji efektivitas bahan ajar. Hasil penelitian
dengan uji t dua pihak diperoleh terdapat perbedaan
kemampuan berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis dan
berpikir kreatif) mahasiswa yang dalam pembelajaran
menggunakan bahan ajar terintegrasi PPK, literasi dan, learning and innovation skills (4C’s)
dibanding dengan yang menggunakan hand out dosen pada mata kuliah kalkulus I. Demikian juga
berdasarkan ujiindependent sample t test satu pihak dihasilkan bahwa bahan ajar terintegrasi PPK,
literasi dan, learning and innovation skills (4C’s) lebih efektif dibanding hand out dosen pada mata
kuliah kalkulus I untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Nahdlatul Ulama Blitar | en_US |
dc.relation.ispartofseries | BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual;Vol. 6 No. 2, p. 329-342 | |
dc.subject | Bahan Ajar | en_US |
dc.subject | PPK | en_US |
dc.subject | Literasi | en_US |
dc.subject | Learning and Innovation Skills (4C’s) | en_US |
dc.title | Efektivitas Bahan Ajar Terintegrasi PPK, Literasi Dan Learning and Innovation Skills (4C’s) pada Mata Kuliah Kalkulus I | en_US |
dc.type | Article | en_US |