Show simple item record

dc.contributor.authorSunismi
dc.contributor.authorFathani, Abdul Halim
dc.contributor.authorBaidawi, Muhammad
dc.date.accessioned2021-11-18T02:02:29Z
dc.date.available2021-11-18T02:02:29Z
dc.date.issued2021-05
dc.identifier.issn2541-4224
dc.identifier.urihttp://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/581
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2560
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptualen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bahan ajar terintegrasi PPK, literasi dan, learning and innovation skills (4C’s) pada mata kuliah kalkulus I. Pendekatan penelitian menggunakan quasi eksperimental research. Dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unisma tahun akademik 2019/2020. Sampel ditentukan dengan teknik convenience sampling terpilih 2 kelas berjumlah 57 mahasiswa. Perlakuan kelompok eksperimen dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar kalkulus I terintegrasi PPK, literasi dan, learning and innovation skills (4C’s), sedangkan kelompok kontrol menggunakan hand out kalkulus I dari dosen. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis dan kreatif). Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t test dua pihak untuk menguji perbedaan rerata dan uji independent sample t test satu pihak untuk uji efektivitas bahan ajar. Hasil penelitian dengan uji t dua pihak diperoleh terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis dan berpikir kreatif) mahasiswa yang dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar terintegrasi PPK, literasi dan, learning and innovation skills (4C’s) dibanding dengan yang menggunakan hand out dosen pada mata kuliah kalkulus I. Demikian juga berdasarkan ujiindependent sample t test satu pihak dihasilkan bahwa bahan ajar terintegrasi PPK, literasi dan, learning and innovation skills (4C’s) lebih efektif dibanding hand out dosen pada mata kuliah kalkulus I untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Nahdlatul Ulama Blitaren_US
dc.relation.ispartofseriesBRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual;Vol. 6 No. 2, p. 329-342
dc.subjectBahan Ajaren_US
dc.subjectPPKen_US
dc.subjectLiterasien_US
dc.subjectLearning and Innovation Skills (4C’s)en_US
dc.titleEfektivitas Bahan Ajar Terintegrasi PPK, Literasi Dan Learning and Innovation Skills (4C’s) pada Mata Kuliah Kalkulus Ien_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record