Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum 2013 di SD Unggulan Permatajingga Malang
Abstract
Sekolah Dasar Unggulan Permatajingga Malang adalah sekolah umum yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Meskipun sebagai sekolah umum pimpinan SD Unggulan Permatajingga memiliki harapan agar peserta didiknya memiliki karakter islami dan kemampuan keagamaan Islam yang lebih berbobot bila dibandingkan dengan sekolah umum yang sederajat. Demi mewujudkan harapan tersebut pimpinan SD Unggulan Permatajingga berupaya mengoptimalkan program ekstrakurikuler dan pembiasaan keagamaan yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kurikulum 2013 yang difokuskan pada ekstrakurikuler dan pembiasaan keagamaan di SD Unggulan Permatajingga Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan guru Pendidikan Agama Islam. Data dianalisa menggunakan teknik analisa data, reduksi data, dan penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan keagamaan dilakukan di awal semester yang meliputi tujuan kegiatan, penyusunan program dan jadwal, serta analisa kebutuhan minat bakat peserta didik. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan keagamaan berjalan sesuai rencana dan program yang telah disusun. Evaluasi dilakukan setiap enam bulan melibatkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan sekolah. Dari evaluasi ditemukan bahwa tujuan yang diharapkan sekolah sudah tercapai namun masih terdapat kendala seperti terbatasnya sarana prasarana dan kedisplinan peserta didik.
Kata kunci: Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Kurikulum
2013, Ekstrakurikuler, Pembiasaan