Pengaruh Good Corporate Covernance, Corporate Social Responsibility, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh good corporate governance, corporate social responsibility, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan menggunakan instrumen corporate governance perception index (CGPI), corporate social responsibility index (CSRI), Return on asset (ROA) dan price to book value (PBV). Populasi penelitian adalah perusahaan menufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia selama tahun periode 2017-2020. Jumlah sampel sebanyak 42 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Good Corporate Governance tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan semua variabel independen mempengaruhi nilai perusahaan.