Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang dan Universitas Widyagama Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu, penelitian yang dimaksudkan untuk mengukur tingkat kedekatan hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini meliputi mahasiswa akuntansi tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi semester 8 angkatan 2017 dari Universitas Islam Malang dan Universitas Widyagama Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik kuesioner Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri berpengaruh secara simultan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. 2) Kecerdasan Emosional secara parsial tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. 3) Kepercayaan Diri secara parsial berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.