dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh motivasi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru SDN Kandangsapi 2 Kota Pasuruan. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kinerja guru. Dan terdapat 4 variabel independen yang digunakan yakni motivasi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SDN Kandangsapi 2 Kota Pasuruan. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik penelitian sensus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pembagian kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara simultan variabel motivasi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Secara parsial variabel motivasi dan kecerdasan intelektual berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru, variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan kecerdasan spiritual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru.
Kata Kunci : motivasi, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kinerja guru. | en_US |