Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Muqorrobin Singosari Malang
Abstract
Proses belajar mengajar khususnya dalam Pendidikan Agama Islam, seorang guru juga harus memiliki strategi agar peserta didik dapat belajar secara efektif serta menyenangkan. Maka salah satu langkahnya yaitu harus menguasai penggunaan metode yang baik dan tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena strategi sangat penting dalam kegiatan pembelajaran agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.
Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan selain berasal dari latar belakang yang telah dijelaskan yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Muqorrobin Singosari. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui hasil dari strategi guru dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Muqorrobin Singosari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti jenis kualitatif dengan model deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data dan verifikasi.
Strategi yang diterapkan di SMP Islam Muqorrobin Singosari menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan pembelajaran kontekstual. Menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dimana guru lebih menekankan pada proses penyampaian materi agar peserta didik dapat menangkap materinya dengan cepat dan mudah, sedangkan strategi pembelajaran kontekstual lebih menekankan pada materi pelajaran dengan dunia nyata lingkungan peserta didik. Berdasarkan data dan hasil penelitian yang dipaparkan menunjukkan bahwa strategi yang digunakan di SMP Islam Muqorrobin Singosari berjalan dengan efektif. Kata Kunci: strategi guru, kualitas belajar, pendidikan agama Islam