Evaluasi Kebijakan Program Jebol Anduk (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)
Abstract
Jemput Bola Administrasi Kependudukan atau disingkat Jebol Anduk merupakan program yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sangat direspon masyarakat. Pelayanan Jebol Anduk dimana masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mendapatkan dokumen administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil, pemberian layanan kepada masyarakat terkait adminisrasi kependudukan seperti pelayanan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, KTP, Akta Kematian dll dilakukan di kelurahan. Kalau di Kabupaten dilakukan dikantor desa dan kantor kecamatan. Dengan begitu masyarakat akan menghemat waktu dan biaya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan pengurusan administrasi kependudukan serta, Menganalisis dampak dari program Jebol Anduk terhadap permasalahan pengurusan administrasi kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwa evaluasi kebijakan Jebol Anduk Di Kabupaten Malang bahwa dapat menerapkan implementasi kebijakan telah dinilai menyederhanakan sistem layanan bagi masyarakat, sehingga lebih mudah untuk melayani masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang yang secara konsisten melakukan koordinasi dan evaluasi kinerja secara rutin guna untuk mendapatkan kekurangan dan kelebihan dari setiap kegiatan yang telah terlaksana, yang selanjutnya dapat digunakan untuk pedoman dalam memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang ada. Melakukan sosialisasi di wilayah tempat pelayanan sebelum pelaksanaan pelayanan Jebol Anduk.
Kata Kunci: evaluasi,kebijakan dan jebol anduk