Analisis Penerapan Strategi Marketing Mix dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus PT Lion Parcel Cabang Wiyung Surabaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix yang terdiri dari promotion, process dan people dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi data, memeriksa keabsahan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi marketimg mix memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan volume penjualan di Lion Parcel Cabang Wiyung Surabaya. Adanya penerapan strategi marketing mix yang terdiri dari promotion, process dan people memberikan pengaruh baik pada perusahaan dengan adanya promosi, memilih karyawan dengan seleksi proses pelayanan dengan baik. Hal tersebut berpengaruh pada kualitas pelayanan dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga memberikan peningkatan pada volume penjualan.
Adapun saran dari peneliti terhadap Lion Parcel Cabang Wiyung Surabaya, diharapkan tetap memperhatikan serta lebih meningkatkan kegiatan promosi penjualan, lebih meningkatkan lagi pelayanan karyawan dengan menjaga hubungan baik kepada konsumen, serta pada proses pengiriman lebih memperhatikan sesuai SOP yang ada, dan dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan tidak hanya berfokus kepada kegiatan promosi saja, akan tetapi mempertimbangakan unsur bauran pemasaran lainnya dan juga dilakukan secara efektif dan efisien.
Kata Kunci : Marketing Mix dan Volume Penjualan.