Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata, dan Strategi Electronic-Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi pada Pengunjung Wisata Bukit Kapur Selo Tirto Giri, Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi, fasilitas wisata, dan electronic-word of mouth (E-WOM) terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung wisatawan secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,005˂0,05. Variabel fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung wisatawan secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000˂0,05. Variabel E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung wisatawan secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000˂0,05. Variabel citra destinasi, fasilitas wisata, E-WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung wisatawan secara simultan dibuktikan dengan nilai Fhitung ˃ Ftable (123,443 ˃ 2,70).
Kata Kunci: Citra Destinasi, Fasilitas Wisata, E-WOM, Keputusan Berkunjung Wisatawan.