Strategi Marketing dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus di PT. Selecta Kota Batu)
Abstract
Pendekatan kualitatif digunakan dalam proses penggalian data dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik penggalian data berupa wawancara semi terstuktur, pengamatan, dan dokumentasi yang diambil dalam bentuk audio maupun foto. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT. Selecta Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Proses analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini dilakukan atas dasar keingintahuan tentang penggunaan strategi marketing yang tepat, dalam usaha untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan yang timbul, akan menjadi keuntungan bagi sebuah perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi marketing yang tepat, seperti pemilihan pasar sasaran yang memungkinkan untuk dilayani, penetapan harga yang tetap terjangkau, hingga peningkatan kualitas layanan yang diberikan, akan memunculkan sebuah loyalitas dari pelanggan, sehingga akan menggunakan produk atau jasa yang ada dan merekomendasikan kepada orang lain, yang akan menjadi keuntungan bagi perusahaan.
Pelaku bisnis pariwisata diharapkan akan semakin melakukan inovasi dan peningkatan pelayanan terhadap wisatawan yang akan menggunakan produk atau jasa yang telah ditawarkan. Penggunaan strategi marketing yang tepat akan mampu meningkatkan loyalitas dari pelanggan.
Kata kunci: strategi marketing, loyalitas pelanggan, produk, jasa, bisinis pariwisata