Pengaruh Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Akademik (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi di Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, motivasi orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa akuntansi di malang yang dalam penelitian ini dilakukan pada mahasiswa jurusan S1 akuntansi angkatan 2017 pada tiga (3) universitas di malang yaitu Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Widyagama Malang (UWG) dan Universitas Gajayana Malang (UNIGA). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel minimum. Analisis data dilakukan dengan uji kualitas data, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan teknik analisis berganda menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian membuktikan baik secara silmultan maupun parsial tidak ada pengaruh antara motivasi belajar, motivasi orang tua dan lingkungan belajar dengan prestasi akademik mahasiswa akuntansi di malang.
Kata kunci : motivasi belajar, motivasi orang tua, lingkungan belajar, prestasi akademik.