Pengaruh Promosi, Shopping Lifestyle, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Studi pada Konsumen Aster Kosmetik di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Shopping Lifestyle, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dan untuk mengetahui kontribusi naik turunnya variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel yang diambil ada 100 responden dan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying yang dibuktikan dengan hasil t_hitung > t_tabel atau 2,540 > 1,984 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,050. Variabel Shopping Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying yang dibuktikan dengan hasil t_hitung > t_tabel atau 5,134 > 1,984 dan nilai signifikasi 0,013< 0,050. Variabel Store Atmosphere tidak berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying yang dibuktikan dengan hasil t_hitung > t_tabel atau 0,832 < 1,984 dan nilai signifikasi 0,408 > 0,050. Variabel Promosi, Shopping Lifestyle, dan Store Atmosphere secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying yang dibuktikan dengan hasil Uji F dengan taraf signifikasi 0.000 < 0.05 dan nilai Fhitung > Ftabel atau 30.548 > 2.70. Uji koefisien determinasi diketahui bahwa nilai koefisien determinasi (Adjusted R square) diperoleh sebesar 0,472 artinya bahwa variabel Impulse Buying (Y) mampu dijelaskan 47,2% oleh variabel bebas Promosi (X1), Shopping Lifestyle (X2), dan Store Atmosphere (X3). Sedangkan sisanya 52,8 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : promosi, shopping lifestyle, store atmosphere, dan impulse buying