dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan di Waktunya Coffee Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relationship marketing, promotion dan satisfaction terhadap loyalitas pelanggan. Variabel bebas yang digunakan adalah relationship marketing, promotion dan satisfaction, sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas pelanggan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 75 responden yang merupakan pelanggan Waktunya Coffee Malang yang melakukan pembelian lebih dari 3 kali. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji determinasi, uji f dan uji t menggunakan bantuan perangkat lunak komputer SPSS 16.0 pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, promotion berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan satisfaction berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Re lationship marketing, promotion dan satisfaction secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Relationship Marketing, Promotion, Satisfaction, Loyalitas Pelanggan. |
en_US |