View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

embelajaran Progresif-Multikultural Fiqh dan Ushul Fiqh di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo-Situbondo

Thumbnail
View/Open
S3_21503011020_ASMUKI.pdf (1.821Mb)
Date
2021-08-19
Author
Asmuki
Metadata
Show full item record
Abstract
Gelombang pembaruan pemikiran telah lama bergemuruh di Indonesia. Pusat gerakan mereka adalah di kampus-kampus. Di kehidupan kampus inilah bersemai pemikiran-pemikiran kritis dan filosofis. Dari rahim kampus ini pula lahir anak-anak muda berpemikiran progresif, multikulturalis, pluralis, dan sejenisnya. Bak gayung bersambut, pembaruan pemikiran pun terjadi di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah melalui pendidikan Ma’had Aly yang didirikan di tahun 1990. Dari kitab kuning yang dikaji di dalamnya mampu lahir kajian fiqh yang progresif-multikultural. Tentu, hasil yang progresif-multikultural tidak dapat dipisahkan dari proses yang senafas. Maka dari itu, riset ini hendak mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasi fenomena proses belajar-mengajar yang berlangsung di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah yang meliputi: (1) Desain pembelajaran progresifmultikultural, (2) Implementasi pembelajaran progresif-multikultural, (3) Evaluasi pembelajaran progresif-multikultural, dan (4) Model pembelajaran progresifmultikultural. Untuk mendapatkan jawaban atas fokus riset di atas, digunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) wawancara mendalam secara formal dan informal dengan teknik penentuan informan dilakukan secara snowball sampling, (2) observasi partisipatoris dilakukan sebagai langkah korektif atas data hasil wawancara, dan (3) dokumentasi kegiatan pembelajaran yang relevan dengan data yang diperoleh melalui dua teknik sebelumnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Temuan riset menunjukkan bahwa, (1) Desain pembelajaran progresifmultikultural berwujud kegiatan: Pertama, silabusasi dan SAP kitab kuning yang dilakukan secara hirarkis-kolaboratif dari tim kurikulum, ustaz, dan santri pada komponen pembelajaran tertentu. Kedua, persiapan pembelajaran pada aspek intelektual dan spiritual oleh ustaz dan santri; (2) Implementasi pembelajaran progresif-multikultural melalui tiga tahap: Pertama, kegiatan awal yang ii bernuansa religious-tradisional sesuai kultur kehidupan mereka sehari-hari dengan tujuan agar perhatian santri terpusat pada konten pelajaran. Kedua, kegiatan inti merupakan ruang ta’āruf dan muqābalah pemikiran secara interaktif dan multiarah antara sesame santri beserta ustaznya di dalam mengeksplorasi sumber belajar yang multiresources melalui media pembelajaran dan didukung pendekatan serta metode pembelajaran yang kompatibel. Ketiga, kegiatan akhir yang dihiasi kembali dengan nuansa religious-tradisional; (3) Evaluasi pembelajaran progresif-multikultural dilakukan sepanjang pembelajaran secara menyeluruh, berkelanjutan, dan kompatibel dengan pencapaian kompetensi qaulīy dan manhajīy yang tertuang di dalam tujuan pembelajaran; dan (4) Model pembelajaran progresif-multikultural merupakan eclectic models bernuansa religius pesantren dengan tahapan-tahapan persiapan administrasi sederhana, permulaan pembelajaran bernuansa religious, pelaksanaan pembelajaran fiqh yang kontekstual dengan melibatkan santri secara aktif dengan mendiskusikan masalah sosial keislaman kontekstual secara kooperatif.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3439
Collections
  • DT - Multicultural Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group