Analisis Strategi Pemasaran Sari Buah Salak (Studi Kasus: Pusat Oleh-oleh Pronojiwo CV Winna Sari, Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang)
Abstract
Pada tahun 2000 an “CV Winna Sari” didirikan oleh bapak Winarno. Yang bertempatkan di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Banyaknya buah salak yang sangat melimpah di Pronojiwo dan memiliki harga yang relative rendah kerap kali mengakibatkan buah salak tidak laku dipasaran sehingga buah akan rusak dan membusuk. Sehingga bapak Winarno memiliki inisiatif untuk mendirikan usaha industry rumahan (Home Industry) untuk membuat inovasi olahan buah salak atau menjadikan buah salak menjadi produk yang memiliki harga nila jual yang tinggi dan bisa bertahan lebih lama.Penelitian ini dilakukan selama jangka waktu satu bulan yaitu pada tanggal 9 Juli 2021 sampai dengan 9 Agustus 2021. Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pemasaran yang dilakukan di CV. Winna Sari, (2) Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha kripik salak di CV. Winna Sari. Metode analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis deskriptif untuk mengetahui pelaksanaan pemasaran (2) Analisis SWOT menggunakan matriks IFAS dan EFAS untuk perusahaan. Berdasarkan tabel IFAS kekuatan yang dimiliki oleh Industri CV. Winna Sari rata-rata memiliki dengan skor 0.396, sedangkan untuk kelemahan utama dari Industri CV. Winna Sari adalah kurangnya promosi dan sistem informasi yang kurang memadai dengan skor 0.155. Berdasarkan tabel EFAS peluang utama yang dimiliki oleh Industri CV. Winna Sari adalah kerjasama dengan petani dengan skor 0.436. Sedangkan untuk ancaman utama yang dihadapi oleh Industri CV. Winna Sari adalah kerusakan bahan baku akibat iklim dan harga bahan baku yang berfluktuatif dengan skor 0436.
Kata Kunci: Winna Sari, Salak, Pemasaran.