Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar pada Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Islam Malang & Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Perilaku Belajar pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan metode kuesioner atau google form. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 114 mahasiswa dari dua universitas yaitu Universitas Islam Malang dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang diambil dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan secara parsial perilaku belajar tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi.