dc.description.abstract | Dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 menjelaskan bahwa kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik , mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Dan juga telah ditetapkan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, setiap elemen masyarakat baik individu, keluarga, berhak memperoleh pelayanan atas kesehatannya dan pemerintah bertanggung jawab mencanangkan, mengatur menyelenggarakan dan mengawasi penyelenggaraan kesehatan secara merata dan terjangkau oleh masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Gambaran Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu Provinsi NTB, Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu Provinsi NTB, dan apa saja Faktor yang menyebabkan kurang maksimal Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu Provinsi NTB, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian terhadap kualitas pelayanan kesehatan puskesmas di kecamatan hu’u kabupaten dompu diukur dengan menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan publik yakni bukti langsung (Tangible), Kehandalan (Reliability), Data Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empary). Pelayanan yang dilakukan oleh puskesmas telah efektif karena telah mendapatkan penilaian yang baik oleh masyarakat berdasarkan kelima indikator penilaian yang digunakan .
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas | en_US |