Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufacture sector makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mulai tahun 2016-2018. Pemilihan sample yang dilakukan menggunakan metode purposive sampling bertujuan untuk mendapatkan sample yang sesuai dengan penelitian. Teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu factor internal yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Selanjutnya, factor eksternal yaitu suku bunga berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sebaliknya, factor eksternal yaitu Inflasi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci : Purposive sampling, faktor internal, faktor eksternal, profotabilitas, ukuran perusahaan, inflasi, suku bunga.