Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Dampaknya pada Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pelaku UMKM di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce dan dampaknya pada kinerja UMKM di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan survei dengan teknik pengumpulan data kuesioner berskala Likert 7 kepada pelaku UMKM yang berlokasi di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Perhitungan sampel pada penelitian ini menggunakan pedoman Maximum Likelihood dengan jumlah responden 115. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan AMOS 24.
Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan, teknologi, organisasional dan individual berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap adopsi e-commerce di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang serta adopsi e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang pada masa pandemic Covid-19.
Kata kunci: e-commerce, lingkungan, individual, teknologi, organisasional, dan kinerja UMKM, pandemi Covid-19