View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - English Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - English Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

The Strategies of EFL Teachers to Integrate IslamicValues in Teaching English at English Departmentof IAIN Madura

Thumbnail
View/Open
S2_MPBI_21902073020_DIAN FAJARIYAH DAMAYANTI.pdf (1.496Mb)
Date
2021-01-16
Author
Damayanti, Dian Fajariyah
Metadata
Show full item record
Abstract
Stategi adalah cara bagaimana guru mencapai tujuan berdasarkan tujuan pengajaran atau tergantung pada kelas dan kebutuhan siswa. Jurusan bahasa Inggris adalah jurusan yang keilmuannya sekuler dan non religious dimana ini harus sesuai dengan visi dan misi IAIN Madura yaitu religious dan kompetitif. Peneliti menggunakan metode basic qualitative, Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi strategi apa yang digunakan guru bahasa Inggris dalam mengintegrasi nilai-nilai keislaman serta bagaimana cara mengaplikasikannya. Ada empat guru yang diteliti oleh peneliti. Peneliti memilih karena rekomendasi dari Ketua Program Studi Bahasa Inggris IAIN MADURA.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengajaran yang digunakan oleh guru bahasa Inggris Jurusan Bahasa Inggris IAIN Madura untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam Pengajaran Bahasa Inggris dan untuk mengetahui bagaimana guru Bahasa Inggris Jurusan Bahasa Inggris IAIN Madura menerapkan strategi pengajaran untuk mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam. dalam mengajar bahasa Inggris. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas penelitian ini triangulasi teknik. Dosen 1 menggunakan brainstorming dalam pembelajaran Bahasa Inggris, beliau memberikan mahasiswa pertanyaan setiap minggu. Dosen 2 menggunakan demonstration or games dalam pembelajaran Bahasa Inggris,. Dosen 3 menggunakan case-based small group discussion dalam pembelajaran Bahasa Inggris,, sedangkan Dosen 4 biasanya menggunakan case-based small group discussion. Holistic integration dilakukan oleh Dosen 2 dan dosen 3 yang mana beliau menggunakan text atau audio keislaman dalam pembelajaran sedangkan Dosen 1 melakukan holistic integration dalam evalusi. Tetapi Specific Integration dilakukan oleh semua Dosen, mereka selalu mencoba menerapkan sikap baik, serta moral yang baik. Itu ditunjukkan dalam pengaplikasian kejujuran, kesabaran, dalam proses belajar mengajar. Peneliti menemukan bahwa semua dosen mengaplikasikan curriculum approach, yaitu context-fictional approach, semua dosen mengganti Sapaan dengan Salam, berdoa atau menggucapkan Basmalah atau Hamdalah di awal dan diakhir pembelajaran.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3713
Collections
  • MT - English Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group