Strategi Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Memotivasi Peserta Didik di MTs Darun Najah Karangploso Malang
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyak nya peserta didik
yang kurang bersemangat saat penerapan strategi pembelajran guru yang biasa
dilaksanakan. Dari status peserta didik yang seorang santri dan lingkungan
pondok pesantren yang menerapkan adanya sekolah formal dan diniah dengan
kejadian unik dan menarik tentang strategi gurunya. Dalam hal ini, peneliti ingin
mengetahui tentang Strategi pembelajaran espositori yang diterapkan oleh guru
pada mata pelajaran fiqih dalamdi MTs Darun Najah Karangploso Malang.
Fokus penelian dari penelitian adalah tentang konsep strategi pembelajaran
guru dalam memotivasi, faktor pendukung dan penghambat motivasi, dan cara
mengatasi hambatan motivasi.
Tujuan penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran
guru dalam memotivasi, faktor pendukung dan penghambat motivasi peserta didik
dan cara mengatasi hambatan penerapan strategi pembelajaran motivasi peserta
didik. Fokus penelitian bertujuan menyelesaikan masalah yang terjadi di sekolah
MTs Darun Najah karangploso Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilaksanakan dengan
pendekatan penelitian kualitatif dan mengunakan jenis penelitian studi kasus.
Prosedur pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik MTs Darun Najah kelas
VII dan VIII, dalam pengumpulan data peneliti mengambil tiga subjek untuk
mendapatkan data, yaitu wakakur, guru mata pelajaran fiqih, dan peserta didik.
Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi pembelajaran espositori yang
di terapkan guru mata pelajaran fiqih dalam perlu adanya kreativitas, inovasi dan
pengelolaan kelas dengan demikian pembelajaran yang dilaksanakan guru mampu
menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman kepada peserta didik,proses
pembelajaran fiqih yang diterapkan oleh guru berbasis kitab. Konsep penerapan
strategi pembelajaran untuk memotivasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih
adalah cara mengajar guru, didalam kelas disisilainlingkungan pondok pesantren
sebagai sarana belajar dan memudahkan peserta didik memahami materi.
Penghambat yang dialami peserta didik saat pembelajaran fiqih kurang stabilnya
penerapan stategi pembelajaranyang diterapkan guru sehingga membuat peseta
didik sering tidur saat proses pembelajaran didalam kelas, cara mengatasi
hambatan penerapan strategi pembelajaran pada mata pelajaran fiqih adanya
penerapan media pembelajaran disekolah formal pada MTs Darun Najah.
Kata Kunci :Strategi pembelajaran ekspositori, motivasi , mata pelajaran fiqih