Pengaruh Self Confidence dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Aritematika Sosial Kelas VII Mts Darussalam Daun
Abstract
Matematika berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu matematika menjadi salah satu pelajaran wajib yang harus diajarkan di semua jenjang sekolah formal. Tujuan pada akhir pembelajaran adalah menciptakan peserta didik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat dalam proses pemecahan masalah adalah self confidence dan self efficacy.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh self confidence dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial. (2) mengetahui pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial. (3) mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini difokuskan pada kelas VII MTs Darussalam Daun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis ex post facto. Populasi yang diambil adalah seluruh kelas VII MTs Darussalam Daun dengan sampel 20 peserta didik menggunakan non probability sampling dengan teknik convenience sampling Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Kuesioner yang digunakan terdiri dari kuesioner self confidence dan self efficacy, sedangkan yang instrumen tes terdiri dari soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Skor kuesioner self confidence dan self efficacy yang merupakan data ordinal ditransformasi menjadi data interval menggunakan uji MSI (Method Of Successive Internal). Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikolinearitas. Teknik analisa data dilakukan dengan bantuan software SPSS 25.
Hasil analisa yang diperoleh bahwa pengaruh self confidence dan self efficacy secara bersama sama yaitu sebesar 89,2 %. Besar pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu 35,7%. Sedangkan pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu sebesar 73,5%. Pengaruh tersebut bernilai positif, artinya semakin tinggi self confidence dan self efficacy peserta didik maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah matematisnya.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat di ambil kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh self confidence dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika didik pada materi aritmatika sosial; (2) terdapat pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial; (3) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru sebaiknya menggunakan metode dan strategi yang menyenangkan dalam proses pembelajaran sehingga rasa yakin dan rasa percaya diri peserta didik dapat meningkat, bagi pendidik yaitu dapat mngetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan bagi peneliti sebelumnya yaitu agar dapat menyempurnakan segala kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Self Confidence, Self Efficacy, Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial