Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Menggunakan Camtasia studio dan Powerpoint pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP/MTs
Abstract
Rendahnya pencapaian prestasi matematika peserta didik dikarenakan penggunaan media pembelajaran seperti video pembelajaran di era pandemi saat ini kurang maksimal. Oleh sebab itu, pengembangan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, serta dapat meningkatkan daya tarik peserta didik sangat dibutuhkan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan terhadap guru matematika dan peserta didik kelas VIII MTs. Mambaul ‘Ulum diperoleh 96,7% guru dan 82% peserta didik setuju dengan adanya pengembangan media pembelajaran baru yang berupa video pembelajaran matematika.
Secara umum, penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran matematika menggunakan Camtasia studio dan Powerpoint pada materi Lingkaran kelas VIII. Sedangkan secara rinci, tujuan penelitian pengembangan ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan, hasil pengembangan, dan hasil uji coba pengembangan video pembelajaran matematika menggunakan Camtasia studio dan Powerpoint pada materi Lingkaran kelas VIII SMP/MTs.
Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan dissemination. Tahap define (pendefinisian) merupakan tahap dimana proses penetapan dan pendefinisian untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan produk yang akan dikembangkan. Tahap design (perancangan) merupakan tahap perancangan video pembelajaran matematika dan tahap perancangan instrumen pengumpulan data. Tahap develop (pengembangan) merupakan tahap uji coba kepada empat validator ahli dan delapan peserta didik kelas VIII MTs. Mambaul ‘Ulum Gedangan. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian angket oleh para ahli serta pengguna/user dan data kualitatif diperoleh dari interpretasi hasil analisis data kuantitatif, serta komentar, saran dan kritik dari subjek uji coba. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini meliputi ahli materi, ahli media, ahli desain, praktisi dan pengguna/user. Tahap dissemination (penyebaran) merupakan tahap penyebaran produk yang dilakukan melalui link yang disebarkan melalui media sosial, karena keterbatasan waktu dalam proses penelitian, produk hanya disebarluaskan sebatas uji coba kelompok kecil dan praktisi (guru)
Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk video pembelajaran matematika menggunakan Camtasia studio dan Powerpoint pada materi Lingkaran kelas VIII SMP/MTs.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk video pembelajaran matematika menggunakan Camtasia studio dan Powerpoint pada materi Lingkaran kelas VIII adalah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba penelitian pengembangan ini dilakukan oleh empat validator ahli yang meliputi ahli materi, ahli media, ahli desain dan praktisi. Hasil uji coba yang menunjukkan bahwa validasi ahli materi pada produk yang dikembangkan mencapai rata-rata 3,13. Sedangkan penilaian ahli media untuk pengembangan produk mencapai rata-rata 3,25. Untuk penilaian ahli desain, pengembangan produk mencapai rata-rata 3,48. Selanjutnya untuk penilaian praktisi, pengembangan produk mencapai rata-rata 3,67. Dengan demikian, nilai rata-rata seluruh validator untuk produk yang dikembangkan mencapai 3,38 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek dan hasil penilaian pengguna oleh delapan peserta didik kelas VIII dengan rata-rata 3,19 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek.
Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran Matematika, Camtasia Studio, Powerpoint, Lingkaran.