Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Kemampuan representasi matematis sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Dengan kemampuan representasi matematis, peserta didik dapat menyelesaikan berbagai permasalahan matematis maupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap peserta didik memiliki kemampuan representasi yang berbeda-beda. Hal ini dapat terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah self efficacy. Oleh karena itu self efficacy dalam diri peserta didik harus diperhatikan khususnya dalam pembelajaran matematika agar kemampuan representasi matematis yang dimiliki peserta didik dapat berkembang menjadi lebih baik.
Tujuan dari penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self efficacy tinggi pada pokok bahasan teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari; 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self efficacy sedang pada pokok bahasan teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari; 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self efficacy rendah pada pokok bahasan teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari; 4) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy pada pokok bahasan teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al Maarif 01 Singosari Jl. Ronggolawe No.19, Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sumber data dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas VIII G SMP Islam Al Maarif 01 Singosari tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yaitu angket, tes, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah tiga peserta didik terpilih berdasarkan tingkat self efficacy yang memiliki pola jawaban khas atau unik yang cenderung berbeda dari subjek lain berkaitan dengan kemampuan representasi matematis. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu triangulasi teknik, dimana peneliti membandingkan hasil tes dengan hasil wawancara.
Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa 1) peserta didik dengan self efficacy tinggi dapat menggunakan semua indikator kemampuan representasi dengan maksimal, peserta didik dengan self efficacy sedang dapat menggunakan semua indikator kemampuan representasi matematis akan tetapi belum maksimal, dan peserta didik dengan self efficacy rendah hanya memenuhi satu indikator saja yang lainnya hanya sebagian. 2) peserta didik dengan tingkat kemampuan representasi matematis tinggi memiliki rata-rata hasil tes 85,75 dan masuk kategori self efficacy tinggi; b) peserta didik dengan kemampuan representasi sedang memiliki hasil rata-rata tes 75,14 dan masuk kategori self efficacy sedang; c) peserta didik dengan kemampuan representasi matematis rendah memiliki rata-rata hasil tes 40,83 dan masuk kategori self efficacy rendah.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Self Efficacy, Teorema Pythagoras