dc.description.abstract | Di era millenial perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan hampir semua masyarakat mengetahui tentang internet. Bahkan segala aktivitas sekarang dilakukan menggunakan internet. Kondisi ini terbukti dengan sangat tingginya pengguna internet di Indonesia dibandingkan jumlah penduduk Indonsia. Semakin banyaknya pengguna internet, maka memunculkan inovasi penjualan untuk memasarkan barang yang di jualnya secara online di marketplace sehingga pembeli akan melihat atau membeli barang yang di jual melalui marketplace Shopee tanpa harus datang langsung ke toko.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh flash sale dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Jenis penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota Malang sebanyak 105 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, analisis regresi linier berganda, multikolinieritas, heteroskedastisitas, uji F,uji t. koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flash sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran bagi perusahaan Pihak Shopee perlu mempertahankan strategi Flash sale, karena variabel ini memiliki nilai yang luar biasa, sehingga perusahaan harus dapat mempertahankan strategi Flash sale yang telah dilakukan dalam penjualan di Shopee, agar keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen bisa lebih meningkat. Terjadinya keputusan pembelian juga dapat dipengaruhi oleh online customer review, oleh karena itu perusahaan perlu memperluas peningkatan untuk menarik minat pembeli untuk berbelanja di Shopee tanpa berpikir panjang. stimulus yang dapat dimanfaatkan adalah dengan menambahkan penawaran dan potongan harga yang memikat serta membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian di marketplace Shopee.
Kata Kunci: Flash Sale, Online Customer Review, Keputusan Pembelian | en_US |