Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Islam Annuriyah Malang
Abstract
Di zaman sekarang orang tua yang menyekolahkan anaknya mereka beranggapan tanggung jawab sepenuhnya untuk menjamin keberhasilan anaknya adalah tugas guru hal itu tidaklah dibenarkan karena bagaimanapun keadaannya sesibuk apapun orang tua tetap ikut berperan dalam memperhatikan keberhasilan belajar siswa. Ada beberapa orang tua yang faham arti penting belajar ilmu agama maka orang tua berinisiatif untuk menyekolahkan anaknya sekalian dengan memperdalam ilmu agama. Hal itu juga sama dengan SMP Islam Annuriyah yang berada di dalam pondok pesantren, meskipun anak jauh dari orang tua tetapi peran orang tua tetap diperlukan dalam keberhasilan belajar siswa. Maka dari itu peran orang tua dalam memperhatikan hasil belajar siswa sangat mempengaruhi siswa untuk belajar lebih semangat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Annuriyah, dan peran orang tua dalam memperhatikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta implikasi peran orang tua setelah memperhatikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yaitu dengan cara mengumpulkan data melalui tanya jawab dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yakni mencari data sesuai penelitian berupa catatan-catatan, transkip, buku, surat kabar, makalh, laporan-laporan, agenda dan lainnya.
Dalam penelitian ini peran orang tua dalam memperhatikan hasil belajar siswa meski jauh dari lingkungan rumah orang tua tidak bosan-bosannya untuk memberikan nasehat, setiap ada kesempatan waktu kunjungan orang tua menanyakan bagaimana perkembangan hasil belajar siswa. Ada beberapa orang tua yang menanyakan bagaimana perkembangan hasil belajar siswa kepada guru atau wali kelas melalui chat grup. Saat anak melakukan kesalahan orang tua tidak bisa langsung mengetahui hal tersebut maka orang tua menitipkan kepercayaan penuh pada pihak pondok pesantren untuk memberikan sanksi atau hukuman jika anaknya salah, hal itu dapat melatih tanggung jawab atas perbuatan mereka. Dan yang terakhir orang tua memberikan hadiah atau reward agar anak lebih semangat belajar lagi dan nantinya mendapatkan hasil yang maksimal.
Berdasarkan peran orang tua dalam memperhatikan hasil belajar siswa juga diimbangi dengan bagaimana lingkungan biasanya mereka tinggal. SMP Islam Annuriyah yang berada dalam lingkungan pondok pesantren sedikit banyak memberikan lingkungan yang positif untuk anak-anak rajin dalam belajar karena salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor ekstern yaitu salah satunya dari faktor lingkungan. Karena siswa hidup dengan banyak teman sebaya yang besar kemungkinan juga mempengaruhi sikap siswa ditambah dengan jauhnya pengawasan orang tua.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu lebih ditingkatkan Kembali semangat beajar bagi siswa supaya mendapatkan hasil belajar yang benar-benar maksimal, orang tua juga tidak bosan-bosannya untuk tetap memberikan nasehat dan pengawasan kepada anak supaya tidak terjadinya penyelewengan dan untuk guru atau wali kelas bisa lebih banyak mengagendakan pertemuan antara orang tua dengan guru untuk membicarakan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Orang Tua, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam