View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Pengelolaan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum untuk Kese-jahteraan Masyarakat (Studi Kasus pada Badan Usaha Milik Desa Dewarejo di Desa Selorejo, Kecama-tan Dau, Kabupaten Malang)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.339Mb)
Fulltext (2.703Mb)
Date
2022-01-17
Author
Pradana, Silfa Ari
Metadata
Show full item record
Abstract
Silfa Ari Pradana, 2021, NPM 21701091020 Efektivitas Pengelolaan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum Untuk Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada Badan Usaha Milik Desa Dewarejo Di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Ka-bupaten Malang) Pembimbing Utama, Dr. H.Slamet Muchsin, M.Si, Pembimbing Kedua, Dr.Hayat, S.A.P., M.Si Penelitian dilakukan untuk mengetahui Efektivitas Pengelolaan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum Untuk Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada Badan Usaha Milik Desa Dewarejo Di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang) .Dengan uraian permasalahan yaitu: 1) Bagaimana Efektivitas tata kelola Hippam yang di kelola oleh BUMDes?. 2) Seberapa besar manfaat Hippam yang diberikan oleh BUMDes kepada masyarakat?. 3).Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pengelolaan Hippam (Himpunan penduduk pemakai air minum). Hasil Penelitian dalam penulisan ini, Mengetahui tentang Efektivitas Pengel-olaan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum Untuk Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada Badan Usaha Milik Desa Dewarejo Di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang): Terdapat 6 faktor untuk mengukur tingkat efektivitas usaha yaitu: kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparan, akuntabel, dan sustainabel. Hippam Selorejo dinilai dari prinsip kooperatif bahwa BUMDes Hippam telah men-erapkan prinsip kooperatif. Hal ini dinilai karena adanya perbaikan dari sisi organisasi untuk perbaikan pengelolaan BUMDes Hippam. Segi partisipatif dan emansipatif bahwa prinsip partisipatif sudah dilaksanakan baik dari masyarakat maupun petugas. Namun untuk petugas BUMDes Hippam belum secara maksimal. Adapun manfaat ekonomi yang dirasakan karena tarif Hippam yang sama setiap penggunaan dan mu-rah. Manfaat sosial yang didapat yaitu bahwa Hippam Selorejo berorientasi sosial dan hal tersebut dinyatakan tercapai karena terbukti adanya subsidi silang yang diberikan kepada masyarakat.Manfaat budaya dan kerukunan bahwa dengan adanya Hippam Selorejo ini masyarakat semakin terjaga kerukunannya, karena adanya Hippam ini se-makin membuat masyarakat lebih toleransi dan gotong-royong. Sedangkan manfaat lain yang dirasakan yaitu air yang mudah diakses masyarakat. Sebelum adanya Hip-pam akses air sulit. Sekarang bahkan air melimpah hingga dapat digunakan sebagai pengairan lahan masyarakat. Kata Kunci: Efektivitas, Pengelolaan, BUMDes, Hippam.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4319
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group