Pengaruh Dimensi Fraud Triangle dan Kompetensi Moral Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang Selama Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh signifikan tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kompetensi moral baik secara simultan maupun parsial terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi Universitas Islam Malang selama pembelajaran daring. Seluruh mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang peneliti tetapkan sebagai populasi. Pengambilan sampelnya, peneliti memakai teknik Probability Random Sampling serta peneliti memakai rumus Yamane untuk menetapkan jumlah sampel, sehingga didapat 167 responden. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif serta pengumpulan data menggunakan metode survei yaitu dengan cara penyebaran kuesioner. Analisis regresi linier berganda menjadi metode analisis data dalam penelitian ini serta uji yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kompetensi moral berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi Universitas Islam Malang selama pembelajaran daring.
Kata Kunci: Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kompetensi Moral, dan Perilaku Kecurangan Akademik.