Analisis Strategi Pengembangan Bisnis untuk UMKM Berbasis Teknologi Informasi di Masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Kabupaten Banyuwangi merupakan kota yang kaya akan sumberdaya manusia dan memiliki potensi dalam mengembangkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis Teknologi Informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisa bagaimana strategi pengembangan bisnis untuk UMKM Berbasis Teknologi Informasi Di masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan analisis swot untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan UMKM berbasis teknologi informasi di masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Banyuwangi. Informan dalam penelitian ini yaitu pemilik UMKM toko SH Grosir, pelanggan/konsumen toko SH Grosir. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku usaha melakukan strategi pengembangan yaitu strategi produk, strategi promosi, strategi penetapan harga, dan strategi tempat dilakukan agar meningkatkan penjualan. dan adapun permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha pemanfaatan teknologi informasi yang kurang maksimal.
Kata kunci : Strategi Pengembangan, UMKM, Teknologi Informasi