Penanaman Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jatiguwi Malang
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari
karena pendidikan termasuk dalam kehidupan nyata yang dilakukan oleh peserta didik.
Pendidikan juga merupakan proses belajar dan mengajar yang dilakukan oleh seorang
pendidik dan peserta dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sebagai pendidik harus
mengarahkan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar agar memiliki bekal yang
digunakan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kreativitas yang
harus dimiliki setiap peserta didik. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa
yang tidak mengikuti kedisiplinan saat pembelajaran. Sehingga peneliti ingin
mengetahui hasil penanaman karakter terhadap kedisiplinan siswa melalui
pembelajaran tematik dengan melibatkan siswa dan guru dalam menekankan
kedisiplinan dan peraturan pada saat pembelajaran tematik dilakukan.
Penelitian ini memiliki fokus dan bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan
Perencanaan Penanaman Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Kelas
IV di MI Darussalam, 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Penanaman Karakter Disiplin
Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Kelas IV di MI Darussalam. 3) Mendeskripsikan
Hasil Evaluasi Penanaman Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Tematik
Kelas IV di MI Darussalam.
Adapun Penelitian kualitatif ini menggunakan deskripsi yang dituangkan dalam
bentuk naratif, yang diperoleh dari kata-kata dan wawasan dari penelitian yang sudah
dilakukan dengan orang lain, berupa data-data yang sudah terkumpul. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian Studi kasus yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk
mengetahui masalah atau gejala di dalam lembaga tersebut. Dalam melakukan
penelitian seorang peneliti mengumpulkan data dengan melalui sumber data yang
digunakan sebagai subyek dari mana data tersebut diperoleh, beberapa sumber data
yang dimanfaatkan dalam penelitian seperti berikut: Data Primer dan Data Sekunder.
maka penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut: Observasi,
Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan analisis
data: Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan Penanaman Karakter
Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah
Darussalam Jatiguwi bahwa hasil perencanaan dalam menanamkan karakter disiplin
dengan membuat perencanaan dalam bentuk menetapkan aturan tata tertib yang
berlaku di kelas IV dan dalam pembelajaran tematik berlangsung. 2) Pelaksanaan
Proses Penanaman Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah Darusssalam Jatiguwi bahwa Siswa-siswi kelas IV menanamkan
karakter disiplin sebelum pelajaran dimulai. Tidak datang terlambat, Memakai seragam
dengan atribut lengkap, Bersalaman dengan guru, Membaca doa dan asmaul husna
sebelum belajar, Mengikuti kegiatan BTQ, Mengikuti kegiatan sholat dhuha, Bersikap
jujur di kelas. Siswa-siswi kelas IV melaksanakan pembelajaran tematik dengan
menanamkan karakter disiplin dalam bentuk: a) Kedisiplinan, b) Keaktifan, c) Percaya
diri, d) Tanggung jawab, e) dan kerja sama. 3) Evaluasi Penanaman Karakter Disiplin
Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam
Jatiguwi Guru memantau perkembangan siswa-siswi kelas IV dengan melakukan
evaluasi terhadap perubahan dari setiap siswa, dengan melakukan evaluasi penilaian
yang ditujukan untuk mengetahui pengaruh karakter disiplin anak terhadap
pembelajaran yang sudah dilakukan. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Pembelajaran Tematik