Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Jasa Transportasi Online dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Empiris pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Jasa Transportasi Online Dalam Perspektif Ekonomi Islam Studi empiris pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Tujuan dari penetian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap transportasi online secara bersama-sama terhadap mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis, menggunakan transportasi online pada saat ini adanya ojek online lebih praktis dan mudah,dapat memesan via internet tanpa harus ke pangkalan ojek, perjalanan dapat dilacak, lokasi driver saat menjemput dapat diketahui, waktu menunggu bisa diukur. Sampel teknik yang digunakan adalah purposive sampling, Sehingga jumlah sampel yang diteliti sebesar 2984 x 15% = 448 mahasiswa. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa kualitas layanan (X) yang terdiri dari daya tanggap,jaminan,empati,kehandalan pelayanan dan layanan fisik, memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas jasa dengan nilai signifikan lebih kecil dari nilai 0,05. Dalam pandangan Islam semua perilaku manusia harus sesuai perintah Allah SWT lewat Al-Quran dan Hadist. Islam mengajarkan setiap pelaku bisnis agar bersikap profesional yaitu dapat berkerja dengan cepat dan tepat sehingga amanat dalam tanggung jawabnya.
Kata Kunci : Kualitas Layanan ( Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kehandalan Pelayanan dan Layanan Fisik) Loyalitas Jasa