Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi di Pandang dari Segi Gender (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi UNISMA)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada etika bisnis dan etika profesi akuntan yang menggunakan studi empiris di Universitas Islam Malang. Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan rata-rata persepsi tentang etika bisnis dan etika profesi akuntan antara mahasiswa pria dan mahasiswa wanita akuntansi Universitas Islam Malang.
Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Islam Malang. Sampel yang digunakan 56 responden yang terdiri dari 28 mahasiswa pria, dan 28 mahasiswa wanita. Data dikumpulkan menggunakan Kuisioner dan mendistribusikan dengan metode purposive sampling.
Independent sampel t-test digunakan dalam pengujian hipotesis ini. Hasil hipotesis menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan mean persepsi antara mahasiswa pria dan mahasiswa wanita akuntansi etika bisnis dan etika profesi akuntan.
Kata kunci: Persepsi mahasiwa akuntansi, Etika Bisnis, Etika Profesi akuntan.