Analisis Strategi Bauran Pemasaran Produk Batu Chocolate (Studi Kasus: UMKM Mandiri Sukses, Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu)
Abstract
Usaha Mandiri Sukses merupakan salah satu industri rumah tangga di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang memproduksi berbagai olahan camilan oleh-oleh dari cokelat. Persaingan bisnis menuntut perusahaan untuk selalu mengevaluasi strategi pemasaran yang diterapkan. Penerapan penggunaan analisis SWOT yang efektif memegang peranan penting dalam menghasilkan strategi alternatif kompetitif untuk menjaga kontinuitas dan keberlangsungan hidup organisasi atau perusahaan. Tujuan penelitian: (1) Mengidentifikasi respon konsumen terhadap produk Batu Chocolate yang beredar di pasaran, (2) Merumuskan strategi pemasaran produk Batu Chocolate yang tepat diterapkan pada perusahaan. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2022. Penentuan sampel dilakukan secara accidental sampling dan didapatkan sebanyak 38 sampel. Data penelitian menggunakan data primer melalui kuesioner dengan konsumen mengenai bauran pemasaran produk dan wawancara dengan pemilik. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen merespon positif terhadap produk Batu Chocolate. Berdasarkan hasil pembobotan matriks SWOT didapat nilai x=0,34 dan y=0,1. Nilai tersebut menandakan bahwa kuadran bauran pemasaran berada pada kuadran I dengan nilai positif, posisi ini menjelaskan perusahaan berada pada kondisi kuat dan berpeluang.
Kata Kunci: Cokelat, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT