Show simple item record

dc.contributor.authorFazirah, Era Nur
dc.date.accessioned2022-08-09T02:16:02Z
dc.date.available2022-08-09T02:16:02Z
dc.date.issued2022-07-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4804
dc.description.abstractSkripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan efektivitas pelayanan publik di Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) di Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Permasalahan keluarga yang ada di Puspaga Kota Batu, (2) Peran Puspaga dalam menangani kasus di Puspaga, (3) Efektivitas pelayanan publik di Puspaga Kota Batu, (4) Faktor pendukung dan faktor penghambat Puspaga Kota Batu di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berenana Kota Batu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, dengan mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata apa yang terjadi dilapangan secara menyeluruh. Peneliti juga menggunakan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian yang bertujuan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yakni antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Permasalahan yang ada di Puspaga memliki kasus yang berbeda-beda, seperti permasalahan rumah tangga, perceraian, tumbuh kembang dan beberapa kasus lainnya, yang telah ditangani Puspaga untuk para klien (2) Peran Puspaga yaitu: konseling, konsultasi, penjangkauan, rujukan dan tenaga administrasi. (3) Efektivitas pelayanan publik di Puspaga dikatakan sudah efektif dilihat dari wawancara yang telah dilakukan kepada masyarakat dan pelayanan yang diberikan sudah cukup efektif, (4) Faktor pendukung Puspaga adalah adanya kerajasama antara instansi lain, adanya sosialisasi, SDM memadai dan untuk faktor penghambat di Puspaga yaitu belum tersedianya Call Center pribadi dan tidak ada anggaran yang mendukung dalam pelaksanaan program. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, Puspagaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectPuspagaen_US
dc.titleEfektivitas Pelayanan Publik Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) (Studi Kasus di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Batu)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record