View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Pelayanan Publik Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) (Studi Kasus di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Batu)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.977Mb)
Fulltext (3.549Mb)
Date
2022-07-12
Author
Fazirah, Era Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan efektivitas pelayanan publik di Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) di Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Permasalahan keluarga yang ada di Puspaga Kota Batu, (2) Peran Puspaga dalam menangani kasus di Puspaga, (3) Efektivitas pelayanan publik di Puspaga Kota Batu, (4) Faktor pendukung dan faktor penghambat Puspaga Kota Batu di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berenana Kota Batu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, dengan mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata apa yang terjadi dilapangan secara menyeluruh. Peneliti juga menggunakan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian yang bertujuan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yakni antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Permasalahan yang ada di Puspaga memliki kasus yang berbeda-beda, seperti permasalahan rumah tangga, perceraian, tumbuh kembang dan beberapa kasus lainnya, yang telah ditangani Puspaga untuk para klien (2) Peran Puspaga yaitu: konseling, konsultasi, penjangkauan, rujukan dan tenaga administrasi. (3) Efektivitas pelayanan publik di Puspaga dikatakan sudah efektif dilihat dari wawancara yang telah dilakukan kepada masyarakat dan pelayanan yang diberikan sudah cukup efektif, (4) Faktor pendukung Puspaga adalah adanya kerajasama antara instansi lain, adanya sosialisasi, SDM memadai dan untuk faktor penghambat di Puspaga yaitu belum tersedianya Call Center pribadi dan tidak ada anggaran yang mendukung dalam pelaksanaan program. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, Puspaga
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4804
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group