Efektivitas Sistem Pelayanan Perpustakaan Umum Kota Probolinggo pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020-2021 (Studi pada Perpustakaan Umum Kota Probolinggo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang bagaimana efektivitas sistem pelayanan Perpustakaan Umum Kota Probolinggo pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020-2021 serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi efektivitas sistem pelayanan pada masa pandemi Covid-19 di Perpustakaan Umum Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran data online sumber data menggunakan data primer dan sekunder, teknik analisis data dengan 4 tahap yang pertama pengumpulan data, kedua reduksi data, ketiga penyajian data, dan keempat kesimpulan hasil penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum efektivitas sistem pelayanan Perpustakaan Umum Kota Probolinggo pada masa pandemi Covid-19 masih belum dapat dikatakan efektif. Hal tersebut ditinjau berdasarkan 3 kriteria untuk mengukur efektivitas kerja organisasi yang dikemukakan oleh Sondang P. Siagian (1996) yakni; Waktu, Kecermatan, Gaya Pemberian Pelayanan dan 2 kriteria mengenai ukuran efektivitas yang dikemukakan oleh David Krech, Ricard S. Cruthfied dan Egerton L. Ballachey dalam bukunya Individual and Society yang dikutip Sudarman Danim (2004) yakni; Tingkat Kepuasan dan Intesitas. Faktor pendukung dalam efektivtas sistem pelayanan di lokasi tersebut yakni; Transparansi, Kemudahan Akses, Pengadaan Event, dan Gaya Pemberian Pelayanan. Adapun faktor penghambatnya ialah; Jam Operasional Layanan, Koleksi Bahan Pustaka, Minim Inovasi, dan Anggaran.
Kata Kunci: Efektivitas, Sistem Pelayanan, Pandemi Covid-19